Kependudukan

KEPENDUDUKAN KAMPUNG BATU PUTIH

Data Umum Penduduk

Kampung Batu Putih memiliki 783 Kepala Keluarga, jika dihitung secara keseluruhan terdapat 2.840 jiwa penduduk dengan klasifikasi perempuan 1.357 jiwa dan Laki-laki sebanyak 1.483 jiwa. Setiap tahunnya jumlah penduduk di Kampung tersebut mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena faktor migrasi penduduk, kelahiran dan kematian. Adapun data umum penduduk yang dimuat dalam Profil Kampung yaitu : Karakteristik berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, status perkawinan, dan agama.

Sedangkan untuk luas wilayah Kampung Batu Putih 227,4 Ha. Penambahan Luas lahan ini di sepakati oleh Bupati, Camat, Kepala kampung Lobang Kelatak dan Kepala kampung Tembudan.

  1. Etnis Suku

Kampung Batu Putih yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.840 jiwa dengan beraneka ragam suku. Suku mayoritas di Kampung Batu Putih ialah suku Bajau dan Bugis, semakin meningkatnya jumlah penduduk maka semakin banyak pula pendatang dari beberapa suku lainnya seperti Jawa, Berau, Banjar, dan Timor.

  1. Perubahan Jumlah Penduduk tiap Tahun

Grafik 1. Perubahan Jumlah Penduduk Setiap tahun

Terjadi perubahan selama tiga tahun terakhir di Kampung Batu Putih pada tahun 2017 terrdapat sebanyak 20102 jiwa kemudian naik di tahun 2018 menjadi 2770 jiwa dan kemudian meningkat kembali ditahun 2019 yaitu sebanyak 2827 jiwa. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut antara lain migrasi penduduk, jumlah kelahiran dan kematian yang dinamis dan faktor lainnya.

  1. Jumlah Kepala Keluarga

Diagram 1. Karakterstik Penduduk Berdasarkan jumlah Kepala Keluarga

Menurut grafik karakteristik berdasarkan jumlah kepala keluarga, masih terdapat 37 orang perempuan yang menjadi kepala keluarga. Hal ini disebakan faktor status perkawinan seperti cerai mati/cerai hidup.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Jenis Kelamin

Diagram 2. Distribusi Karakteristik Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan grafik presentase diatas dapat dilihat bahwa di Kampung Batu Putih lebih banyak jumlah warga berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 54%. Hal ini disebabkan karena Kampung Batu Putih berada di wilayah perusahaan dan lautan sehingga menarik para pekerja laki-laki untuk datang dan berdomisili di Kampung Batu Putih.

Berdasarkan data umum kependudukan Kampung Batu Putih, struktur demografis kampung cenderung mengikuti kecendrungan umum selama tiga dasawarsa terkahir dibanyak daerah dan siseluruh dunia yakni menggelembungkan jumlah penduduk usia produktif yang cenderung semakin muda pula, baik laki-laki maupun perempuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Agama

Diagram 3. Distribusi Karakteristik Penduduk Berdasarkan Agama

Diagram presentase agama menunjukkan bahwa Agama Islam adalah agama yang mendominasi di wilayah Kampung Batu Putih. Terdapat sebanyak 90% yang menganut Agama Islam. Sisanya yaitu Agama Katholik dan Kristen. Sebagian besar warga yang menganut Agama Katholik dan Kristen adalah warga suku dayak.

  1. Tingkat Pendidikan

Diagram 4. Distribusi Karakteristik Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Pada diagram 4 dapat dilihat bahwa rata-rata tingkat pendidikan masyarakat Kampung Batu Putih adalah tamat SLTP/sederajat.

 

 

  1. Tingkat Kepadatan

Seperti umumnya kampung – kampung di pedalaman, terutama di luarĀ  jawa, tingkat kepatadan penduduk di Kampung Batu Putih sudah hampir padat. Dengan jumlah penduduk seluruhnya 2.840 jiwa dari data pemetaan Sosial Kampung Batu Putih. Dari Enam RT yang ada di Kampung Batu Putih, jumlah pemukiman terpadat adalah RT 01 dijalan pelabuhan terdapat tempat penitipan ikan di ujung arah ke dermaga,penginapan Al Fahtar, perumahan guru.RT. 06 di jalan plabuhan yang terdapat 1 buah masjid,1 balai pertemuan desa,lapangan volly, SMPN 19 Berau, Hotel Adama dan terdapat dermaga utama kampung batu putih.